2017-10-18 08:23:12

Serba-serbi Hari Asuransi

Serba-serbi Hari Asuransi

11 tahun silam, tepatnya di Brunei Darussalam, anggota East Asian Insurance Congress (EAIC) menyepakati tanggal 18 Oktober sebagai Insurance Day. Di Indonesia, tanggal tersebut dijadikan sebagai Hari Asuransi Nasional oleh enam asosiasi anggota Dewan Asuransi Indonesia (DAI). Cari tahu lebih lanjut tentang Hari Asuransi dengan beberapa fakta di bawah ini:

1. Memasyarakatkan Asuransi
Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukan baru 10% penduduk Indonesia dari 262 juta jiwa, yang menjadi pengguna asuransi. Angka ini didapatkan berdasarkan survei dari literasi maupun inklusi keuangan khususnya di sektor asuransi. Tak heran jika menjelang dan selama perayaan Hari Asuransi, perusahaan asuransi berlomba-lomba membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dan menggunakan asuransi. 

2. Membangun Inklusi Keuangan
OJK mencatat inklusi keuangan di Indonesia pada 2017 ini sebesar 69%. Angka ini berdasarkan survei internal yang dilakukan OJK dengan metode yang disesuaikan dengan pedoman Bank Dunia. Salah satu tujuan Hari Asuransi adalah untuk semakin mendukung terwujudnya inklusi keuangan, mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat. 

3. Asuransi untuk yang Muda
Dalam rangka mendukung program OJK meningkatkan literasi keuangan nasional di masyarakat, Asuransi Jasindo pada setiap tahunnya di hari asuransi menggelar program Insurance Goes To Campus (IGTC). Program IGTC merupakan salah satu program edukasi institusi asuransi yang diatur pada pasal 14 Peraturan OJK No. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Program IGTC diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan industri asuransi di Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

4. Manfaatkan Penawaran Menarik Selama Hari Asuransi
Hari Asuransi bisa Anda manfaatkan untuk mencari perusahaan asuransi mana yang cocok untuk kebutuhan Anda. Biasanya di hari tersebut banyak penyedia asuransi yang memberikan program promosi dan penawaran eksklusif yang hanya ditawarkan di Hari Asuransi saja.

5. Membuka Kesempatan Kerja
Seperti tahun-tahun sebelumnya, berbagai perusahaan asuransi memanfaatkan Hari Asuransi untuk membuka lowongan pekerjaan, mulai dari tenaga pemasar hingga management trainee. Bagi Anda yang berminat berkecimpung dalam industri asuransi, ini adalah waktu yang tepat. 

Momen Hari Asuransi jadi waktu tepat untuk semakin memahami pentingnya berasuransi untuk masa depan. Dapatkan informasi lengkap tentang asuransi dan percayakan perlindungan Anda pada Asuransi Jasindo. Dengan berbagai produk yang ditawarkan untuk berbagai kebutuhan perlindungan, dapatkan kenyamanan dan ketenangan di setiap langkah Anda bersama Asuransi Jasindo.

Bagikan