2017-08-15 08:47:16

5 Langkah Kembalikan Berat Badan Setelah Liburan

5 Langkah Kembalikan Berat Badan Setelah Liburan

Pernah kaget ketika mencoba celana atau kemeja favorit yang tiba-tiba tak muat setelah berlibur? Karena menikmati liburan, tanpa sadar Anda menyantap berbagai makanan dan minuman serta aneka kudapan tanpa sadar. Tak heran berat badan naik mendadak. Jika hal ini dibiarkan begitu saja dan terjadi berulang-ulang dalam jangka panjang, kenaikan berat badan bisa mengancam kesehatan.

Keseimbangan adalah kuncinya. Jika saat liburan nafsu makan tak terkontrol akibat ragam makanan menggiurkan hadir di depan mata, Anda harus kembali disiplin mengontrol nafsu makan dan menerapkan pola makan sehat setelah liburan usai. Simak tips dari kami untuk mengontrol pola makan di bawah ini:

1.Lakukan medical check-up

Sebelum buru-buru melakukan diet dan olahraga, lakukan pemeriksaan kesehatan atau kunjungi ahli gizi. Daripada Anda menebak-nebak dan memilih pola makan sehat atau olahraga yang tak sesuai kebutuhan, lebih baik Anda bertanya pada ahlinya. Selain memperoleh solusi yang tepat, Anda juga terhindar dari pemikiran negatif karena menduga-duga kondisi kesehatan Anda.

2.Makan dengan porsi normal

Biasanya frekuensi dan jadwal makan Anda akan berubah saat liburan. Hal ini bisa jadi akibat petualangan kuliner Anda bersama teman, atau karena sajian dari pihak lain yang memang ingin menjamu Anda saat Anda bertandang. Segera kembali ke kebiasaan makan sebelum liburan, dengan frekuensi dan porsi normal. Porsi makan normal yang dimaksud adalah makan secukupnya sesuai kebutuhan Anda, umumnya tiga kali sehari dengan jarak waktu yang konsisten.

3.Perbanyak buah dan sayur

Saat liburan, terutama saat hari raya, sebagian besar makanan yang tersaji adalah makanan berlemak, tinggi kalori dan tinggi kadar gula. Selain bisa membuat berat badan bertambah, makanan ini juga bisa mengganggu metabolisme Anda. Usai liburan, perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan serat yang bisa membantu Anda "membersihkan" pencernaan dan memperbaiki metabolisme tubuh.

4.Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak heran sebab 80% tubuh kita memang terdiri dari air. Cukupi kebutuhan air harian Anda sebanyak minimal 1,5 Liter atau 8 gelas per hari agar sirkulasi darah lancar dan suhu tubuh terjaga.

5.Rutin Berolahraga

Sebenarnya olahraga adalah cara ampuh untuk menjaga kestabilan berat badan dan menyehatkan tubuh, sekaligus cara paling sulit untuk dilakukan. Alasan utamanya? Malas dan tak sempat. Dengan rutin berolahraga, pembakaran lemak berlebih dan zat-zat racun yang berbahaya bagi tubuh akan terjadi lebih cepat karena dikeluarkan melalui keringat. Tak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan namun rutin. Misalnya jalan kaki atau jogging keliling kompleks 3 kali seminggu.

Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Tetapi jika berat badan telanjur naik, segera cari dan jalankan langkah tepat untuk mengantisipasinya. Terakhir, sempurnakan upaya Anda menjaga kesehatan dengan perlindungan menyeluruh dan benefit yang fleksibel sesuai kebutuhan kesehatan Anda bersama asuransi kesehatan Jasindo Health.



Bagikan