2017-08-15 08:55:22

Adopsi 5 Tren Bisnis Ini dan Optimalkan Keuntungan

Adopsi 5 Tren Bisnis Ini dan Optimalkan Keuntungan

Peluang bisnis baru terus bermunculan. Teknologi membantu Anda mewujudkannya. Pahami 5 tren bisnis berikut dan manfaatkan agar perkembangan bisnis Anda bisa optimal:

1.Crowdfunding

Isu utama dalam memulai sebuah bisnis adalah modal. Untungnya saat ini isu tersebut bukan lagi kendala besar. Teknologi internet saat ini bisa membantu Anda menjangkau orang-orang dengan kesamaan visi dan mengumpulkan modal dari mereka. Crowdfunding atau praktik penggalangan dana yang umumnya dilakukan melalui Internet dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha berhasil menjadi tren dan menyaingi venture capital atau pemberian modal kepada startup yang potensial dan sedang berkembang.

2.Content Marketing

Zaman sekarang konsumen cenderung melakukan riset dan review terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli produk atau menggunakan jasa. Karena itu, sales dan content marketing harus berkaitan erat agar berhasil memastikan konsumen dapat memperoleh info lengkap produk dalam beberapa klik saja. Menurut penelitian Forbes, video masih menjadi sumber informasi yang paling dicari sepanjang tahun 2017. Pebisnis di dunia digital disarankan menggunakan video sebagai salah satu bentuk informasi esensial.

3.Memahami Millennials

Target market sekaligus angkatan kerja produktif saat ini sampai beberapa tahun ke depan adalah Gen Y yang populer disebut millennial. Mereka, sebagai target market terbesar, memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya, Gen X. Kreativitas, inovasi, dan cara-cara cepat serta mudah untuk membantu mereka melakukan pekerjaan lebih baik adalah beberapa karakteristiknya. Karena itu Anda sangat perlu memahami cara berpikir mereka untuk memastikan produk atau jasa yang Anda jual mampu memfasilitasi dan menarik di mata kaum millennials.

4.Brick to Click

Definisi kantor saat ini tidak sekaku beberapa tahun ke belakang. Jika dulu kantor berbentuk gedung dan karyawan diperlukan untuk memulai, saat ini aturan tersebut tidak terasa 'wajib'. Semakin banyak bisnis yang dibangun hanya bermodalkan laptop saja. Kantor bisa berada di mana saja; ruang tamu, garasi atau bahkan kamar tidur. Produknya pun tidak harus dimiliki produsen. Di tahun-tahun ke depan akan semakin berkembang pola bisnis seperti Airbnb, Go-Jek, Uber, yang bertujuan untuk menghubungkan para konsumen dengan pemilik jasa.

5.Product with Purpose

Bisnis saat ini tidak bisa hanya bertujuan profit tapi juga harus mencakup sebuah goal karena para milennials mempunyai kesadaran tinggi terhadap produk yang mereka konsumsi. Mereka lebih paham dan peduli terhadap efek produk terhadap kesehatan serta lingkungan mereka, bahkan bersedia membayar mahal untuk mengakomodasi hal ini. Produk-produk organik yang ramah lingkungan dan mendukung kesehatan akan semakin digemari.



Bagikan