2017-08-15 08:51:58

Memahami Cara Asuransi Menilai Risiko

Memahami Cara Asuransi Menilai Risiko

Masih banyak orang Indonesia yang belum memahami cara kerja asuransi. Banyak orang masih berpikir asuransi hanya menjadi "beban" dalam pengeluaran bulanan. Padahal memiliki asuransi akan membantu Anda untuk lebih yakin menghadapi masa depan dan lebih tenang menjalani hidup.

Agar Anda makin yakin untuk memiliki proteksi yang sesuai kebutuhan, pahami terlebih dahulu cara kerja perusahaan asuransi dan produk asuransi, terutama bagaimana mekanisme asuransi dalam memperkirakan risiko.

Berkaitan dengan konsep manajemen, risiko dalam asuransi biasanya dinilai dari segi frekuensi (seberapa sering akan terjadi) dan tingkat kerugian (ketika terjadi, seberapa serius hal itu?). Hubungan dari kedua faktor ini bervariasi. Misalnya ada kejadian dengan frekuensi terjadi tinggi atau sering terjadi, namun dampak kerugian yang ditimbulkan rendah, atau jika ada kerugian hanya dalam jumlah kecil. Sebaliknya, ada kejadian tak terduga yang frekuensinya rendah namun tingkat kerugiannya tinggi. Artinya kemungkinan terjadi insiden lebih sedikit, tetapi ketika proses klaim nilainya akan jauh lebih besar. Misalnya kecelakaan pesawat terbang atau letusan gunung berapi.

Selain frekuensi dan tingkat kerugian, asuransi juga membagi bentuk-bentuk risiko menjadi 4 jenis:

1. Risiko murni, yaitu risiko yang akibatnya hanya ada 2 macam: rugi atau impas, contohnya pencurian, kecelakaan atau kebakaran.

2. Risiko spekulatif, yaitu risiko yang akibatnya ada 3 macam: rugi, untung atau impas, contohnya investasi.

3. Risiko partikular, yaitu risiko yang berasal dari individu dan dampaknya lokal, contohnya pesawat jatuh, tabrakan mobil dan kapal kandas.

4. Risiko fundamental, yaitu risiko yang bukan berasal dari individu dan dampaknya luas, contohnya angin topan, gempa bumi dan banjir.

Karena hidup penuh dengan risiko, memiliki asuransi adalah solusi untuk proteksi diri dari risiko-risiko yang ada. Jangan sampai Anda tidak memiliki perlindungan ketika hal tak terduga terjadi.

Asuransi Jasindo dengan produk dan layanan nasabah yang komprehensif akan membantu Anda memahami informasi cara kerja asuransi. Anda bisa menjelajah website Jasindo untuk mendapatkan informasi terperinci tentang produk kami atau langsung menemui agen Asuransi Jasindo yang tersebar di beberapa kantor cabang di seluruh Indonesia.



Bagikan