2017-10-18 08:20:23

5 Cara Sederhana Mengatasi Stress Sehari-hari

5 Cara Sederhana Mengatasi Stress Sehari-hari

Deadline menumpuk, meeting dadakan, hingga kemacetan bisa jadi sumber stres Anda sehari-hari. Padahal kesehatan mental Anda tidak kalah penting dari kesehatan tubuh Anda. Di hari-hari Anda yang sibuk, lakukan hal-hal di bawah ini agar stres Anda berkurang sedikit demi sedikit.  

1. Meditasi
Meditasi bisa membantu Anda lebih fokus, rileks, dan “membersihkan” pikiran-pikiran negatif. Dengan meditasi, pernapasan dan detak jantung akan jadi lebih teratur, tekanan darah pun menjadi normal. Dengan metabolisme tubuh yang stabil, kinerja hormon adrenalin sebagai pemicu stres juga terjaga sehingga kadar stres pun menurun. Tak perlu lama-lama bermeditasi, 10-15 menit di pagi hari saja sudah cukup. 

2. Mengatur Pola Makan
Kesibukan Anda terkadang membuat Anda lupa untuk makan teratur. Padahal saat telat makan, Anda akan cenderung memilih makanan cepat saji yang tersedia di dekat Anda. Meski sedang dirundung stres, usahakan pola makan Anda tetap teratur dan kebutuhan gizi Anda terpenuhi sebagai “energi” untuk membantu Anda mengendalikan stres. 

3. Melakukan Hobi 
Sesibuk apapun, selalu luangkan waktu untuk melakukan hobi Anda untuk melepas penat dan stres yang Anda alami sehari-hari. Jika Anda gemar memasak, Anda bisa mencoba berbagai resep baru untuk menambah skill Anda. Jika Anda hobi fotografi carilah waktu di akhir pekan untuk hunting objek dan tempat menarik di sekeliling kota. 

4. Olahraga Teratur 
Olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat suasana hati Anda lebih baik. Jika Anda memang tidak mempunyai banyak waktu, lari pagi selama 15-30 menit setiap hari bisa membantu Anda memulai hari dengan bersemangat. 

5. Tertawa
Memang terdengar simpel, namun tertawa selama 5 hingga 10 menit dapat merangsang produksi endorfin, serotonin dan melatonin dalam tubuh yang membantu menenangkan saraf yang tegang akibat stres. Sempatkan bercanda sejenak dengan teman-teman Anda untuk mengurangi stres. 

Hidup sehat bebas stres adalah impian semua orang. Jaga kesehatan mental dan fisik Anda, berikan perlindungan ekstra dengan Asuransi Kesehatan Jasindo Health. Dengan rentang usia peserta mulai 6-59 tahun, Jasindo Health adalah produk asuransi kesehatan komprehensif meliputi jaminan Rawat Inap, Rawat Jalan, Rawat Gigi, Manfaat Melahirkan, Manfaat Kacamata, Manfaat Medical Check Up, serta Manfaat lain dengan batasan tertentu (jantung, hemodialisa, kemoterapi, dan pengobatan khusus lainnya yang termasuk dalam kategori penyakit kritis).

Bagikan