2019-07-08 12:00:00

10 Cara Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan senyawa kimia yang diproduksi oleh hati. Kolesterol juga dapat ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan seperti mentega, daging, dan susu. Kolesterol dalam kadar normal berguna untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, asam empedu untuk mencerna lemak, serta membentuk sel-sel baru bagi tubuh. Namun, kolesterol yang berlebihan dapat membahayakan tubuh karena dapat menumpuk pada darah dan menyumbat aliran darah. Inilah awal mula timbulnya penyakit seperti jantung atau stroke. Pada usia yang semakin bertambah, Anda harus lebih menjaga diri agar tidak memiliki kolesterol berlebihan. Simak 10 cara untuk menurunkan kolesterol di bawah ini:

1. Mengurangi Konsumsi Gula

 

Less Sugar

Gula yang dapat memicu timbulnya kolesterol merupakan gula tambahan seperti gula pasir yang mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana ini sangat mudah diserap tubuh dan dapat menaikkan kadar gula darah secara berlebihan. Gula tambahan dapat ditemui pada makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari seperti cake, permen, dan bahkan kadarnya sangat tinggi pada minuman yang hits belakangan ini, yakni boba. Maka dari itu, untuk menurunkan kolesterol, ganti konsumsi gula tambahan Anda dengan gula alami yang terkandung pada buah-buahan dan sayur, serta mengganti konsumsi minuman manis dengan air putih.  

2. Berolahraga dengan Rutin

 

Running

Berolahraga dengan rutin dapat menurunkan kadar kolesterol berlebihan di dalam tubuh karena aktivitas olahraga dapat meningkatkan kadar HDL (High-density lipoprotein). HDL yang diproduksi oleh hati ini bertugas untuk mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, untuk kemudian dikeluarkan oleh tubuh. Anda cukup berolahraga rutin selama 30 menit, seperti lari pagi, berenang, atau bersepeda untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis dari Gaya Hidup Sehat

3. Hindari Makanan Junk Food

 

Junk Food

Makanan cepat saji atau junk food memiliki kandungan gula, garam, serta lemak jenuh yang tinggi. Kandungan tersebut dapat memicul kolesterol berlebih yang dapat menyumbat pembuluh darah. Oleh karena itu, untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya hindari mengonsumsi junk food dan beralih ke cemilan sehat seperti buah atau yogurt.

4. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

 

healt food

Makanan seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan, serta minyak zaitun merupakan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh mengandung banyak HDL yang dapat membantu menurunkan kolesterol berlebih. Anda dapat meningkatkan konsumsi makanan-makanan tersebut untuk membantu menurunkan kolesterol.

5. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Flavanoid

 

Buah

Flavanoid merupakan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh. Makanan yang mengandung flavanoid antara lain segala jenis buah beri, apel, kurma, dan jeruk nipis. Anda juga dapat meminum air yang dicampur dengan perasan jeruk nipis setiap pagi untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mengatasi Stress Sehari-hari

6. Mengonsumsi Oat

 

Oat

Untuk menurunkan kolesterol, Anda dapat mengganti konsumsi nasi dengan oat. Oat mengandung beta glucan yang dapat mengurangi penyerapan empedu dan kolesterol dan makanan. Dengan mengonsumsi oat, maka kadar HDL pun akan meningkat dan dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih yang membahayakan. Dengan begitu, cobalah untuk rutin mengonsumsi oat setiap hari.

7. Mengonsumsi Teh Hijau

 

teh hijauTeh hijau mengandung katekin

Teh hijau mengandung senyawa flavanoid yang unik, yakni katekin. Katekin berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol. Selain itu, katekin juga meningkatkan pembuangan kolesterol lewat feses atau kotoran. Dengan kandungan katekin yang bermanfaat tersebut, Anda disarankan mengonsumsi teh hijau sebanyak dua cangkir setiap harinya untuk menurunkan kolesterol.

8. Ganti Gorengan dengan Makanan Rebus/Kukus/Panggang

Rebus

Proses penggorengan pada makanan dapat mengubah kualitas nutrisi pada makanan tersebut, dan juga meningkatkan kalori. Oleh karena itu, makanan yang digoreng cenderung mengandung banyak lemak, kalori, dan garam yang dapat memicu kelebihan kolesterol dalam tubuh. Untuk meminimalisir risiko meningkatnya kolesterol akibat memakan makanan yang digoreng, Anda sebaiknya beralih mengonsumsi makanan yang direbus/dikukus/dipanggang karena menghasilkan lebih sedikit kalori.

9. Stop Merokok 

 

Stop rokok

Menerapkan gaya hidup sehat untuk menurunkan kolesterol juga dapat dilakukan dengan berhenti merokok. Kandungan dalam rokok dapat meningkatkan risiko penumpukan plak di dinding jantung. Selain itu, rokok juga dapat mengurangi kadar HDL yang berperan untuk mengurangi kolesterol jahat. Dengan berhenti merokok dan mulai menjalankan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rajin berolahraga, maka kolesterol berlebih dalam tubuh anda bisa menurun.

10. Melakukan Diet Sehat

 

diet

Kolesterol tidak hanya menyerang mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, tetapi bahkan kolesterol bisa menyerang orang-orang dengan berat badan normal. Maka, untuk meminimalisir semua hal tersebut, Anda harus mulai mengontrol asupan makanan serta berat badan dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, meninggalkan gorengan dan junk food, serta banyak melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerak tubuh, seperti berjalan kaki, untuk membantu menurunkan kolesterol. 

Itulah 10 tips untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang. Perlu diingat, menjaga hidup sehat bukan hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri, namun juga untuk orang-orang yang kita cintai. Dengan hidup sehat, maka ketahanan tubuh Anda akan meningkat sehingga Anda tidak rentan terkena penyakit dan dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga.

Dan jangan lupa untuk selalu melindungi diri dan keluarga Anda dengan proteksi dari asuransi Jasindo karena kami siap untuk mendampingi Anda menjalani hidup sehat. Kunjungi websitenya di www.jasindo.co.id untuk info lebih lanjut! Mari hidup sehat!

Bagikan