2020-03-24 12:04:35

5 Tips Agar Tidak Bosan Saat #DiRumahAja

Di awal tahun 2020 ini, Indonesia sedang mengalami wabah bencana yang sebelumnya sudah menyerang negara-negara lain di berbagai belahan dunia, yaitu virus COVID-19, atau yang biasa dikenal dengan nama corona. Virus yang gejalanya mirip flu ini menyerang saluran pernapasan, dan dalam beberapa kasus, dapat menimbulkan kematian karena kesulitan bernapas. Sudah terdapat 200 lebih korban yang meninggal di Indonesia akibat virus ini. Karena itu, sejak pertengahan bulan Maret 2020, masyarakat Indonesia diimbau untuk tidak meninggalkan rumah untuk melindungi diri dari masifnya persebaran virus corona ini. Virus corona memang menular lewat tetesan air liur (droplet) yang berasal dari bersin atau batuk. Maka dari itu, masyarakat diharuskan untuk menjaga jarak dari orang lain (physical distancing), melakukan karantina diri dengan tidak keluar rumah (self quarantine) dan bekerja dari rumah, serta rajin menjaga kebersihan dengan mencuci tangan minimal 20 detik. Akan tetapi, berada di rumah saja dan tidak bisa kemana-mana cenderung membuat orang akan mudah bosan. Untuk itu, mari simak tips-tips berikut ini agar tidak bosan saat kita dalam masa dimana harus berada di rumah saja demi menghindari diri dan keluarga dari virus corona:

Mencoba Resep Baru

  

Mencoba resep kue pasar. Sumber: food.detik.com

Sebagian besar perusahaan kini menerapkan kebijakan untuk bekerja di rumah (work from home) untuk melindungi para karyawannya dari risiko tertular virus corona. Dengan kebijakan ini, maka waktu yang Anda habiskan di rumah menjadi lebih banyak. Jadi, sebelum atau sesudah bekerja, Anda bisa sekalian mencoba berbagai macam resep baru sebagai salah satu bentuk kegiatan yang bisa menghilangkan bosan. Anda bisa bereksperimen dengan masakan Jepang kesukaan, atau bahkan membuat kue-kue jajanan pasar untuk sarapan seperti onde-onde, kue lapis, lemper, kue lumpur, dan masih banyak lagi resep tradisional yang bisa Anda coba untuk buat. Dengan mencoba berbagai resep baru, maka konsentrasi Anda akan tercurah pada bahan masakan sehingga tidak mudah untuk merasa bosan.

Membersihkan dan Menata Ulang Perabot Rumah

  

Ilustrasi membersihkan rumah. Sumber: www.hellosehat.com

Membersihkan debu-debu yang menempel di rumah, lalu menata ulang perabot rumah juga merupakan kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menghalau rasa bosan selama menjalani masa self quarantine. Jangan lupa untuk memakai masker atau menutup wajahmu dengan sehelai sapu tangan saat sedang membersihkan rumah. Hal ini selain menjadi kegiatan untuk mengurangi rasa bosan, juga penting sekali untuk menjaga kebersihan rumah sehingga kondisi penghuni rumah tidak rentan terhadap penyakit, terutama corona. Setelah itu, menata ulang perabotan rumah dan membuang perabotan-perabotan yang sudah tak terpakai lagi juga bisa membawa suasana baru bagi rumah, sehingga Anda tidak merasa bosan saat harus berada di rumah.

Membaca 

  

Membaca untuk menghilangkan bosan. Sumber: bali.tribunnews.com

Dalam kondisi dimana kita sedang tidak bisa pergi kemanapun, maka salah satu cara untuk bisa tahu perkembangan dunia adalah dengan membaca. Selain itu, Anda juga bisa menghibur diri dengan bacaan ringan seperti novel, atau menambah ilmu baru dengan membaca buku-buku yang sesuai dengan minat Anda. Dengan membaca, otak Anda akan terus berpikir sehingga meminimalisir potensi Anda merasa bosan di rumah. Selain itu, walau di rumah saja, Anda masih bisa menjelajahi dunia dengan membaca. Jadi, tidak perlu merasa takut bosan karena membaca dapat membawa Anda keliling dunia tanpa harus meninggalkan rumah.

 Baca juga : 6 Kegiatan di Rumah untuk Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Corona

Menonton Via Online

  

Ilustrasi menonton via online. Sumber: www.jalantikus.com

Ada berbagai macam platform untuk menonton via online seperti Youtube atau Netflix. Di Youtube, Anda bisa memilih apa saja yang ingin Anda tonton berdasarkan minat Anda, seperti tutorial memasak dengan bahan seadanya, atau bahkan room tour yang bisa jadi inspirasi Anda untuk menata kamar. Selain itu, platform untuk streaming film atau seri online seperti Netflix juga bisa dijadikan sebagai alat untuk membunuh kebosanan dengan menonton film-film atau seri yang memang Anda suka, baik yang berasal dari barat seperti seri Money Heist, yang berasal dari Korea seperti seri Itaewon Class, hingga film-film Indonesia seperti Ada Apa dengan Cinta tersedia di Netflix. Anda bisa tonton itu semua untuk mencegah diri merasa bosan di rumah saja. 

Baca juga: 7 Cara Agar Tidak Gampang Sakit

Olahraga

 

Olahraga di rumah. Sumber: www.rumah.com

Untuk tetap menjaga kebugaran tubuh selama di rumah saja, Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga dalam ruangan yang simpel seperti planking, push-up, sit-up, atau lompat tali.  Olahraga penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar Anda tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, karena Anda berada di rumah saja, maka olahraga meminimalisir risiko Anda bertambah gemuk karena kurang gerak. Jadi dengan melakukan gerak tubuh simpel di dalam ruangan, Anda bisa mengisi kegiatan di rumah saja dengan meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Sambil menyelam minum air! 

Itulah tips-tips yang bisa Anda lakukan selama masa karantina mandiri di rumah saja agar tidak bosan dan meningkatkan produktivitas Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan memakan makanan bergizi, serta menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan membersihkan benda-benda di rumah. Lalu tambahkan perlindungan Anda dari penyakit dengan Jasindo. Anda cukup kunjungi www.jasindo.co.id untuk mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan Jasindo. Kemudahan kini ada di genggaman Anda!

Bagikan